Surga itu bernama ujian

"Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat."
(QS Al-Baqarah,2: 214)

Beberapa minggu lalu aku memanjat sebuah do'a. Ternyata Allah tak mengabulkan.
Aku mencoba bertanya kenapa, dan Allah pun memberikan jawaban pada ayat cinta-Nya diatas.
Dan bersama do'a itu aku kemudian memahami.
Dalam pandangan manusia terlihat sempit, sementara dimata Allah begitu lapang.
Mungkin seperti begitulah beliau memahami, semua ujian ini hanya seperti jual beli biasa yang keuntungannya adalah Surga.
Terbayar lunas bukan?

Lalu aku kemudian bertanya lagi.
Bagaimana denganku Allah? Bolehkah aku mengadakan jual beli yang sama dengan-Mu?
Ah... terasa diri begitu sombong. Sanggupkah pundak memikul beban seperti itu? Sementara riak-riak kecil masih terasa seperti deburan ombak dan aku bukanlah batu karang.

Sepatutnya aku merasa iri dengan ujian yang Allah timpakan kepada mereka.
Adakah sepenggal tanah surga untuk tempat tinggalku kelak Rabbana.. 

Laa haula walaa quwwata illah billah
Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu

Comments

Popular posts from this blog

Friend Love Ship ~ Ifa Avianty

Senja Bersama Rosie ~ Darwis Darwis

Ferry Spot ~ KMP Tenggiri