#SaveAru

Here  we are..
Perkenalkanlah... Kepulauan Aru, sebuah kabupaten kepulauan yang dihuni oleh 63.807 jiwa dengan luas daerahnya mencapai 6.325 km2. Berada di provonsi Maluku dengan ibukotanya Ambon yang luas wilayahnya ‘hanya’ 377 km2 atau hampir 17 kali Kepulauan Aru.


Dan hari ini, atau mungkin sudah bermula sejak 2007 silam, konsorsium PT Menara Group yang terdiri dari 28 perusahaan terbatas unjuk gigi untuk tanah seluas hampir 500.000 ha. Tepatnya 481.403 ha atau kurang lebih 76,11% tanah dari negeri Aru. Untuk diapakan? Untuk dijadikan Perkebunan Tebu. Hey! Luar biasa sekali. Gula digantikan sagu. Dan hasil hutan melimpah ruah dengan kekayaan alamnya digantikan perkebunan tebu sepanjang mata memandang.


Saya kira terlalu pendek pemikiran orang ketika mengira bahwa perkebunan tebu ini akan menghasilkan ‘lapangan pekerjaan’. Hey! Siapa yang bekerja dan menerima hasil? Atau lebih tepatnya siapa yang akan kaya dengan adanya perkebunan ini? Masyarakat Aru-kah atau ... *silahkan jawab sendiri.
Belum lagikah para pemimpin kita belajar? Tanah negeri yang digadaikan untuk kepentingan sesaat tak kan pernah bertahan. Apa yang akan diwariskan pada anak cucu kelak? Mungkin hanya sebuah cerita tentang indahnya tanah kami yang akhirnya tergadaikan untuk memperkaya segelintir orang.

Maaf, tanah kami untuk anak-cucu kami, bukan untuk anda!



Link:

For further informastion, just follow @SaveAruIslands

Comments

Popular posts from this blog

Friend Love Ship ~ Ifa Avianty

Senja Bersama Rosie ~ Darwis Darwis

Ferry Spot ~ KMP Tenggiri